Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Manfaat Do’a dan Dzikir


Manfaat Do’a dan Dzikir sangatlah banyak bisa mencapai seratus lebih. Disini kami menyebutkan hanya sebagian diantaranya:
1.    Mendatangkan keridhaan ALLAH SWT
2.    Mengusir syaita, menundukkan dan mengenyahkannya
3.    Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati
4.    Mendatangkan kegembiraan dan ketentraman (di dalam) hati.
5.    Menguatkan hati dan badan
6.    Membuat hati dan wajah berseri
7.    Melapangkan rezeki
8.    Menimbulkan karisma dan rasa percaya diri
9.    Menumbuhkan rasa “cinta” yang merupakan RUH ISLAM, menjadi inti agama, poros    kebahagiaan dan keselamatan. Dzikir merupakan pintu cinta, dan jalan untuk itu sangat agung dan lurus.
10.  Menumbuhkan perasaan bahwa dirinya diawasi, sehingga mendorongnya untuk selalu berbuat kebajikan
11.  Membuahkan ketundukan, yaitu berupa kepasrahan diri kepada ALLAH  dan kembali kepada-NYA.
12.  Membukakan pintu yang lebar dari berbagai pintu ma’rifat. Semakin banyak dia berdzikir, maka semakin lebar pintu ma’rifat yang terbuka baginya.
13.  Menumbuhkan rasa takut kepada ALLAH dan memuliakan-NYA
14.  Membuat hati menjadi hidup. Syaikul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Dzikir bagi hati sama dengan air bagi ikan, maka bagaimana keadaan yang akan terjadi pada ikan seandainya ia berpisah dengan air?”
15.  Menghapus kesalahan dan menghilangkannya. Dzikir merupakan kebaikan yang paling agung. Sementara kebaikan dapat menyingkirkan keburukan.
16.  Menghilangkan kerisauan dalam hubungan antara dirinya dengan ALLAH, orang yang lalai tentu akan dihantui kerisauan antara dirinya dengan ALLAH, yang tidak bisa dihilangkan kecuali dengan DZIKIR.
17.  Malaikat akan selalu memintakan ampun kepada ALLAH bagi orang-orang yang berdzikir. Dan banyak berdzikir membuat seseorang terhindar dari sifat nifaq.
18.  Hamba yang mengenal ALLAH merupakan benteng yang kokoh dari keburukan-keburukan dunia dan akhirat, serta menyelamatkan diri dari adzab ALLAH, sebagaimana yang dikatakan oleh Mu’adz bin jabal ra dan dia memarfu’kannya:
“Tidak ada amal yang dilakukan anak Adam yang lebih menyelamatkannya dari adzab ALLAH selain dari dzikir kepada-NYA”.
19.  Berdzikir kepada ALLAH sambil meneteskan air mata dikala sendiri, akan menjadi perlindungan bagi pelakunya dari panas matahari di padang Mahsyar pada hari Kiamat, karena dia dilindungi oleh ‘Arsy ALLAH. Sementara orang lain yang tidak berdzikir kepada ALLAH, akan tersengat oleh panasnya mentari pada saat itu.
20.  Takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil yang diucapkan hamba saat berdzikir akan mengingatkannya saat di ditimpa kesulitan.
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat positif dari dzikir, maka perbanyaklah berdzikir agar selalu dekat dengan rahmat dan hidayah-NYA. Amin



Sumber
Penulis : Maria Hidayah.2012:10

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Penyejuk Hati

Listen to Quran